Senin, 18 Februari 2019

Taubat

Secara bahasa taubat artinya kembali.

Secara istilah taubat artinya kembali ke jalan Allah Subhaanahu wata'alaa,menyesali,mengakui dosa-dosa kepada Allah serta bertekad untuk tidak mengulanginya kembali.

Rasulullah Shalallahu 'alaihi wassalam bersabda : "Orang yang bertaubat dari dosa maka ia akan kempali seperti orang yang tidak berdosa " (Riwayat Ath-Tabrani).

Sabdanya yang lain : "Sesungguhnya Allah menyukai seorang mukmin yang terjerumus berbuat dosa kemudian ia bertaubat" ( Riwayat Ahmad )

Rasulullah juga bersabda : "Semua anak Adam pembuat kesalahan,dan sebaik-baik pembuat kesalahan adalah mereka yang bertaubat."

Allah Subhaanahu wata'alaa berfirman : "Maka barangsiapa yang bertaubat setelah ia melakukan kesalahan kemudian ia memperbaiki diri maka sesungguhnya Allah menerima taubatnya.Sesungguhnya Allah Maha Pengampun dan Maha Penyayang." ( Al-maidah : 39 )

Syarat taubat terbagi dua :

1.Syarat taubat dari dosa yang langsung berhubungan dengan Allah subhaanahu wata'alaa :
   
   a.Benar-benar menyesali dosa yang telah dilakukan.

   b.Berazam tidak akan mengulangi perbuatan dosa tersebut.

   c.Meninggalkan perkara yang mendatangkan  dosa kepada Allah Subhaanahu wata'alaa baik dosa          besar maupun dosa kecil.

      Contoh perkara dosa besar kepada Allah Subhaanahu wata'alaa : meninggalkan shalat,tidak                  puasa,mengadu nasib ( berjudi ) dll.
      
      Contoh dosa kecil : mengumbar aurat,mubazir,pergaulan bebas antara laki-laki dan perempuan.

2.Syarat taubat dari dosa yang tidak langsung berhubungan dengan Allah,melainkan melalui  perantara hubungan dengan manusia.

   a.Menyesali dengan sungguh - sungguh atas dosa kepada oranglain tersebut.

   b.Meninggalkan perkara yang mendatangkan dosa dengan manusia.

   c.Berazam dengan sungguh-sungguh untuk tidak mengulangi perkara-perkara yang mendatangkan       dosa yang berhubungan dengan manusia ( mu'amaidh).

   d.Meminta maaf kepada orang yang telah kita dzolimi,memberikan ganti rugi mengembalikan                barang-barang yang telah diambil ( jika dosa terkait dengan harta ).

Contoh dosa-dosa dengan manusia :

a.Dosa terkait harta,contohnya : hutang yang tidak dibayar,harta yang dicuri iatau di rampas.

b.Dosa yang berhubungan dengan pribadi : memukul,menyiksa dengan benda tajam,mengurung dll.

c.Dosa yang berhubungan dengan agamanya : mempermalukan didepan publik,memfitnah,mengumpat.

d.Dosa yang berhubungan dengan keluarganya : menzinahi anak gadis orang lain dll.

Semoga kita termasuk orang-orang yang segera bertaubat ketika melakukan kesalahan,kapanpun dan dimanapun,ampunan dan kasih sayang Allah itu begitu luas.

Wallahu a'lam bishowab.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar