Senin, 04 Maret 2019

Keutamaan Menghafal Al-Qur'an

KEUTAMAAN MENGHAFAL AL-QUR'AN
#PART2




Bismillah

Gaess di #part1 kita sudah bahas 3 keutamaan menghafal Al-qur'an,kita lanjutkan bahas keutamaan-keutamaan  berikutnya ya..

4.Penghafal Al-Qur'an dapat membahagiakan kedua orangtua,sebab orangtua yang mempunyai anak penghafal Al-Qur'an memperoleh pahala khusus. 

"Dari Buraidah Al-Aslami,ia berkata bahwasannya ia mendengar Rasulullah bersabda,"Pada hari kiamat nanti,Al-Qur'an akan menemui penghafalnya ketika penghafal itu keluar dari kuburnya,Al-Qur'an akan berwujud seseorang dan ia bertanya kepada Penghafalnya,"Apakah Anda mengenalku ?'' Penghafal tadi menjawab,"Saya tidak mengenalmu, "Al-Qur'an berkata,"Saya adalah kawanmu,Al-Qur'an yang membuatmu kehausan ditengah hari yang panas dan membuatmu tidak tidur pada malam hari.Sesungguhnya setiap pedagang akan mendapat keuntungan dibelakang daganganya dan kamu pada hari ini di belakang semua dagangan.Maka penghafal Al-qur'an tadi diberi kekuasaan di tangan kanannya dan diberi kekekalan di tangan kirinya,serta diatas kepalanya dipasang mahkota perkasa.Sedang kedua orangtuanya diberi dua pakaian baru lagi bagus yang harganya tidak dapat dibayar oleh penghuni dunia keseluruhanya.Kedua orangtua itu lalu bertanya,"Kenapa kami diberi pakaian seperti ini ? Kemudian dijawab,"Karena anakmu hafal Al-Qur'an."Kemudian kepada penghafal Al-Qur'an tadi diperintahkan,"bacalah dan naiklah ke tingkat surga dan kamar-kamarnya."(HR.Ahmad)

Rasulullah bersabda,"Siapa yang membaca Al-Qur'an ,mempelajarinya dan mengamalkannya,maka dipakaikanlah mahkota dari cahaya pada hari Kiamat,cahayanya seperti cahaya matahari,kedua orangtuanya dipakaikan dua jubah (kemuliaan),yang tidak pernah didapatkan di dunia,keduanya bertanya : mengapa kami dipakaikan jubah ini : dijawab : "Karena kalian berdua memerintahkan anak kalian untuk mempelajari Al-Qur'an." ( H.R.Al-Hakim ).

5.Akan menempati tingkatan yang tinggi di surga Allah. Rasulullah bersabda, "Jumlah tingkatan-tingkatan surga sama dengan jumlah ayat-ayat Al-Qur'an.Maka tingkatan surga yang dimasuki oleh penghafal Al-Qur'an adalah tingkatan yang paling atas,dimana tidak ada tingkatan lagi sesudah itu ( H.R.Ahmad).

6.Penghafal Al-Qur'an adalah keluarga Allah.Anas bin Malik berkata,bahwa Rasulullah bersabda,"Sesungguhnya Allah itu mempunyai keluarga yang terdiri dari manusia."Kemudian Anas berkata lagi,lalu bertanya,"Siapakah mereka itu wahai Rasulullah ?" Rasulullah menjawab,"Ia itu ahli Qur'an (orang yang membaca atau menghafal Al-Qur'an dan mengamalkanya).Mereka adalah keluarga Allah dan orang-orang istimewa bagi Allah ".

7.Menjadi orang yang arif disurga Allah.Anas bin Malik berkata,bahwa Rasulullah bersabda,"Para pembaca al-Qur'an itu adalah orang-orang yang arif diantara penghuni surga."

Wallahu a'lam bishowab..

Bersambung...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar